BPJS Kesehatan Jamin Layanan JKN Tetap Berjalan di Tengah Libur Lebaran 2025



KabarOne.ID | Lhokseumawe – BPJS Kesehatan memastikan bahwa akses layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tetap tersedia bagi peserta selama libur Lebaran 2025. Komitmen ini mencakup layanan administrasi dan pelayanan kesehatan, sehingga peserta tetap dapat mengakses haknya di tengah masa liburan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe, Rita Masyita Ridwan, menjelaskan bahwa pihaknya telah menerapkan sistem piket layanan di kantor cabang serta membuka akses layanan digital melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) yang aktif 24 jam. Piket di kantor cabang akan berjalan pada 28 Maret, 2, 3, 4, dan 7 April 2025 dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat.

“Peserta tetap bisa mengakses berbagai layanan, seperti informasi, administrasi, hingga pengaduan melalui Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, dan situs resmi BPJS Kesehatan,” ungkap Rita dalam konferensi pers terkait layanan mudik Lebaran 2025.

Rita menegaskan bahwa peserta JKN tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan di mana saja, tidak terbatas pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat mereka terdaftar. Dengan prinsip portabilitas, peserta yang sedang mudik bisa berobat di fasilitas kesehatan lain yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Jika peserta dalam kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan layanan, meskipun peserta berada di luar daerah tempat asalnya,” jelas Rita.

Untuk memastikan kelancaran layanan di rumah sakit, BPJS Kesehatan telah menugaskan Petugas BPJS SATU! (Siap Membantu) yang siap memberikan informasi dan menangani keluhan peserta.

Selain itu, layanan Program Rujuk Balik (PRB) tetap berjalan dengan ketentuan bahwa pengambilan obat bisa dilakukan lebih awal, maksimal tujuh hari sebelum persediaan obat habis, guna mengantisipasi jadwal libur fasilitas kesehatan.

BPJS Kesehatan juga mengingatkan peserta untuk memastikan status kepesertaan JKN tetap aktif, terutama bagi yang memiliki tunggakan iuran. Peserta dapat memanfaatkan Program New Rencana Iuran Bertahap (REHAB) 2.0 melalui Aplikasi Mobile JKN, atau melakukan pembayaran melalui lebih dari satu juta kanal pembayaran yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Posko Mudik untuk Jaminan Kesehatan Pemudik

Untuk mendukung pemudik, BPJS Kesehatan telah mendirikan tujuh Posko Mudik dan satu Posko Arus Balik di titik-titik strategis, termasuk:

  1. Terminal Pulo Gebang, Jakarta
  2. Rest Area Tol Ungaran Km 429
  3. Terminal Purabaya, Sidoarjo
  4. Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar
  5. Pelabuhan Merak, Banten
  6. Rest Area Tol Cipularang Km 88A, Purwakarta
  7. Rest Area Tol Cipali Km 166A, Majalengka
  8. Posko Arus Balik di Rest Area Tol Cipali Km 164B, Majalengka

Posko ini tidak hanya melayani administrasi kepesertaan JKN, tetapi juga menyediakan obat-obatan dan layanan rujukan medis jika diperlukan.

“Dukungan dari fasilitas kesehatan mitra sangat diharapkan agar layanan JKN tetap optimal selama libur Lebaran. Kami ingin memastikan peserta tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang mudah diakses di mana pun mereka berada,” tutup Rita.(*)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru